Closing of SSP (School of Scientific Paper)

Closing of SSP (School of Scientific Paper)

image
By On Selasa, Juni 20 th, 2017 · no Comments · In ,

SSP (School of Scientific Paper) adalah sekolah monitoring untuk mahasiswa vokasi dalam membuat karya ilmiah yang terdiri dar PKM, KTI, dan Essay. Latar belakang diadakannya SSP karena minat mahasiswa vokasi untuk membuat karya masih rendah dan minat untuk mengikuti pun juga, tujuan SSP ini diadakan guna sebagai wadah mahasiswa vokasi untuk belajar membuat karya ilmiah yang baik dan benar, dan sebagai pintu masuk dalam mengikuti berbagai kompetisi.

SSP dilaksanakan sebanyak 6 kali pertemuan setiap hari Sabtu selama 6 minggu pada tanggal 6 Mei 2017 – 10 Juni 2017. Sebelumnya, Pada awal pertemuan membahas tentang pengertian UKM secara universal yang disampaikan oleh pemateri Bspsk Dr. dr.Bambang Purwanto, M. Kes. dari Fakultas Kesehatan Masyarakat.dan kesepakatan pembagian Tim yang nantinya akan diberikan penugasan.

Pada pertemuan ke - 2 yang dilaksanakan pada minggu kedua SSP tanggal 13 Mei 2017 akan membahas dan mengupas PKM 5 bidang (GT, KC, P, K, dan M) secara lebih spesifik tentang kendala dan langkah – langkah pembuatannya. Pemateri pada pertemuan kedua ini dari Panitia Pimnas.

Pada akhir acara akan diberikan penugasan untuk dikerjakan dan dikumpulkan pada akhir serangkain acara SSP.

Pada pertemuan ketiga akan membahas KTI secara universal yang akan disampaikan oleh pemateri Bapak Deny dari Fakultas Keperawatan, yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2017.

Pertemuan ke – 4 yang dilaksanakan pada minggu ke – 4 tanggal 27 Mei 2017 akan membahas tentang KTI dengan Orientasi Intenasional dan School of Mawapres, yang disampaikan oleh pemateri dari Mawapres Vokasi 2016, Ahmad Afrizal dari prodi OSI.

Pertemuan Ke – 5 aka membahas Essay dengan lebih detail dan School of Exchange yang akan disampaikan oleh pemateri dari Juara 2 Mawapres 2016, Romiana, dan mahasiswa asing Amerta. Pertemuan ini dilaksanakan pada minggu ke – 5tanggal 3 Juni 2017.

Pada pertemuan terakhir ini Sabtu, 10 Juni 2017 bertempat di Aula Fakultas Vokasi Univesitas Airlangga yang membahas dan mengupas tentang cara pembuatan LPJ, pengajuan dana di tingkat fakultas dan universitas untuk keperluan kompetisi dan delegasi, pengumpulan KTI perkolompok dan Essay individu yang awalnya sudah diberikan tugasnya pada pertemuan kedua, serta pembukaan VOSMEC (Vocational Scientific Mentoring Community).        
Pada penjelasan LPJ dijelaskan secara detail tentang bagaimana dan langkah-langkah menyusun  LPJ yang nantinya akan diajukan untuk pencairan dana sebagai ganti saat melakukan penelitian, kompetisi, dan delegasi. Untuk penjelasan pengajuan dana pun sama dijelaskan detail dan bagaimana langkah – langkah kita untuk mengajukan dana yang nantinya digunakan untuk kompetisi.

Tak lupa awards pun diberikan dalam acara ini sebagai salah satu penghargaan dan benefit yang didapatkan mengikuti acara SSP ini kepada Ayub Manggala (D4-Radiologi) sebagai peserta terteladan, Muhammad Sajidin (Analis Medis) sebagai peserta teron-time, dan M. Aufi Habibie (D3-Hiperkes) sebagai peserta teraktif

Acara yang paling penting pada pertemuan terakahir saat ini adalah pengenalan komunitas VOSMEC sebagai kegiatan lanjutan dari SSP, yang membahas dan mendiskusikan kompetisi mulai dari tingkat regional hhingga nasional ataupu internasional, dan nantinya mahasiswa di dalam komunitas ini dapat mengikuti kompetisi-kompetisi yang ada di kedepannya, dengan tujuan memenangkannya. VOSMEC sendiri dibagi dengan beberapa divisi yang nantiya akan mendukung komunitas ini berkembang untuk menyiapkan delegasi-delegasi yang berkualitas sebagai competitor dalam kompeitisi – kompetisi di depan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *